""'>

Kamis, 22 Agustus 2013

Meet Komunitas PROLOG Semarang!

Selamat malam pembaca setia saya. Selalu saja malam. Malam bagi saya adalah waktu yang tepat untuk ngeblog sesudah bekerja. Tapi sayang hari ini pekerjaan saya hanya duduk-duduk dan bersih-bersih saja di kantor. Tadi waktu sedang asyik-asyiknya bekerja, eh malah mati lampu.... Ya terpaksa tidak produktif hari ini. Seperti orang lagi nganggur beneran.

Dulu saya sempat menjadi pengangguran. Itu berlangsung hingga 1 setengah tahun lamanya. Banyak sekali hal yang sudah saya coba selama masa itu. Salah satunya adalah meneruskan hobi berfoto. Kamera pertama yang saya beli adalah kamera lomo Fisheye No.2. Kamera itu saya beli dengan uang beasiswa saya sendiri, sisa uangnya saya gunakan untuk traveling bersama teman magang saya.

Fisheye No.2 Kesayangan

Kenapa kamera lomo? Pertama saya terinspirasi dengan artis Youtube bernama Mijonju. Kedua, saya melihat lakon di Kamen Rider Decade menggunakan kamera lomo juga, walau bukan Fisheye No.2 sih. Ketiga, ternyata ada yang jualan di FJB Kaskus dengan harga second. Keempat, kameranya unik dan pakai rol film pula, jadi kepikiran kalau saya punya ini, pasti saya jadi satu-satunya yang punya kamera lomo di Semarang.

Setelah saya menjadi anggota di komunitas PROLOG Semarang, ternyata ada 2 teman yang memakai kamera Fisheye No.2. Wah, sudah tidak jadi pemilik Fisheye No.2 satu-satunya di Semarang lagi deh. Kita sering mengadakan pameran-pameran foto hasil kamera analog. Pernah Street Exhibition (pameran foto di jalan), di sekolah-sekolah kayak SMA, dan yang paling besar dan sampai masuk koran adalah saat kita buat pameran di Galeri Suara Merdeka.

PROLOG Semarang Masuk Koran

Oh iya, kita kalau mengikuti lomba pasti bareng-bareng dan selalu menang. Soalnya yang ikut di kategori kamera analog / toycam sedikit banget. Di tahun lalu teman saya Dwi Cahyo yang menang dengan tema "Circus", dan tahun berikutnya saya menang dengan tema "Futuristik". Saya tidak mengikuti malam penghargaan, jadi saya mengambil hadiahnya pada pagi hari yang cerah di SMA N 1 Semarang.

Penyerahan Hadiah di  SMA N 1

"Illusion of The Night", foto yang saya lombakan

Saya ambil dengan menggunakan fitur MX (Multi Exposure) + Bulb, jadi 2 kali jepret dengan posisi kamera terbalik saat jepretan kedua, 2-2nya memakai mode Bulb, dan itu dilakukan pada malam hari, jadilah "Illusion of The Night". Foto inilah yang mengantar saya kepada kemenangan, ya alhamdulillah, akhirnya tidak sia-sia beli kamera Fisheye No.2 pakai uang beasiswa sendiri.

PROLOG sedang masa-masa pensiun, dan harus diadakan pergantian ketua. Soalnya kebanyakan sudah mempunyai kesibukkan sendiri-sendiri. Ya semoga, PROLOG mendapatkan ketua barunya, supaya bisa pameran bareng dan seru-seruan bareng lagi!

Saya Ricky Raharjo, demikian sekilas cerita tentang komunitas yang pernah saya ikuti, terima kasih dan selamat malam! (^^).

*Note : Untuk lomba blogdetik saya.

Related Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar