""'>

Senin, 19 Agustus 2013

Radar Lapar



Radar Lapar
By : Ricky Raharjo

A. Lata Belakang
Pada hari yang berawan namun panas di Semarang ini, saya jadi ingat berita yang ada di TV tentang ramalan cuaca. Karena pemberitaannya menggunakan peta-peta Indonesia, saya malah jadi teringat hal yang lain. Hal lain itu adalah "Radar Gempa" (nama setahu saya) yang disampaikan oleh BMKG.
Kalau korban lapar, agar cepat tertolong bagaimana ya?


B. Tentang Aplikasi

Imajinasi kali ini saya dapatkan dari alat yang dinamakan radar. Dari situlah saya terpikirkan ide untuk membuat aplikasi smartphone bernama "Radar Lapar". Ini sangat berguna sekali bagi restoran cepat saji untuk menambah pelanggannya. Jadi setiap pelanggan yang sudah pernah datang ke restoran itu, nanti diberi kode untuk mendaftarkan dirinya agar bisa menggunakan aplikasi tersebut. Hal ini, dilakukan agar orang yang pernah pesan di situ, adalah orang-orang yang masih dalam jangkauan pengantaran makanan. Soalnya pelanggan bukan Dragon Ball, dan pengantar makanan bukan saiyan super seperti Son Goku yang bisa keliling dunia dengan sekejap gitu.



Gambar di atas jika dimasukkan ke dalam apps smartphone pasti menarik, tapi apa ya yang realistis? Nah, kebetulan waktu itu saya sedang lapar, muncullah ide "Radar Lapar" ini. Jadi setiap ada pelanggan yang lapar, tinggal sentuh paket berapa yang akan dipilih maka karyawan restoran akan segera datang. Paket itu nantinya akan dihitungkan sudah termasuk ongkir atau sesuai keinginan pemilik restoran. Oh iya, pastinya karyawan itu berbekal "Radar Lapar" agar tidak tersesat. Setelah pelanggan memilih paket akan ada radius gelombang yang muncul di peta “Radar Lapar”, disertai dengan memo sang pelanggan misalnya isinya “rumah warna hijau no.30”.

Jadi dimanapun anda lapar, tidak usah kerepotan menulis alamat keberadaan perut lapar anda, tidak usah takut untuk mengetahui total semua. Cukup dengan apps "Radar Lapar", solusi perut anda akan segera teratasi.

C. Dalam Segi Bisnis

Untuk memajukan perekonomian ukm pemilik warung, restoran, bahkan kafe ini sangat perlu, dan akan memudahkan untuk berpromosi. Kenapa? Karena nantinya di dalam smartphone user yang sudah mengaktifkan kode toko, mereka akan menerima secara spesifik menu-menu yang ada di tiap-tiap toko yang pernah mereka kunjungi dan minta kodenya. Untuk itu, bagi pengusaha kuliner ini sangat perlu untuk mempromosikan ke orang-orang pengguna aplikasi smartphone. Nantinya akan dibuat registrasi berbayar bagi pengusaha tersebut bisa bulan maupun tahunan. 
Sayang saya tidak pintar membuat aplikasi smartphone seperti itu, saya hanya bisa share ide saya.

Demikian imajinasi saya, saya Ricky Raharjo, selamat malam!

Referensi :

Related Post

29 komentar:

  1. wah idenya bagus..apalagi klo bsa drealisasikan...
    btw imajinasiny tinggi banget..ak gak pernah kepikiran bikin aplikasi kyak gt walopun aku anak IT...hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, kadang suka sama IT, selain dipakai tenaganya untuk perusahaan, bisa juga buat macem2 dari ilmu itu.... bahkan bisa dikembangin dan diimprove sendiri.

      Hapus
  2. wakakaka, idenya kretif yak. namanya radar lapar, jadi kalo laper udah ada radar'' restorannya.
    nah, klo gue sih pengennya radar cewe jomblo. jdi pas gue aktifin tuh app cewe'' jomblo bakalan keliatan. hahahah

    BalasHapus
  3. Radar Lapar.. wahh unik tuh namanya,, kereatif banget sih bang idenya.. hmm kalau bisa cari gihh orang yang pinterr membuat app smartpone jadi idenya gak cuma sebatas imaginasi yang ada di kepala saja yaahh siapa tahu kan idenya bang raharjo ini bisa drealisasikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau ada mahal ga ya biaya pembuatannya, ya kalau mau ada kerja sama dan gratis pasti saya mau kok, (^^)

      Hapus
  4. bisa juga tuh aplikasinya, biar cepet para pelayannya naiknya helicopter aja gtu... *abaikan
    oh, jadi orang semarang ya? deketan dong aku di Ambarawwaaa..:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, wah saya mau banget ke musium keretanya, tapi belum sempeT da waktu :-D

      Hapus
  5. Radar Lapar. Jadi hanya saat lapar saja karyawan warung nasi keluar menyambut kita. Dan mereka tau porsi seperti apa yang kita inginkan lewat Radar Lapar ini. Wkwkw.
    Gue ngebayangin yg bakal ada di gambar Radar Lapar itu kalo gue lagi kelaparan. Mungkin kah cacing" yg lagi dance ria??

    Oh ya, btw soal Son Goku, rambut gue di nobatkan sebagai Son Goku 4 loh bang :v

    Kunjungan pertama nih. Kapan sempet, mampir ke blog kacau gue bang :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, iyo so pasti bro, ntar ane main mau cek rambut kamu bro, :-D

      Hapus
  6. Pada ikutan 30hariNgeblog ya??? tadi si willy juga ikutan. wkwkwk apa banget tuh aplikasinya ... tapi okelaaah biar para pengamat teknologi yang merealisasikannya aamiin-_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, mau tahu seberapa blogger aja sih hehe, amiin, :-D

      Hapus
  7. Gue jadi pengen punya radar gituan juga. Sayangnya jiwa ilmuwan gue udah musnah, tinggal jiwa jomblo. Jadi nggak bisa bikin alat-alat secanggih itu. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisanya buat alat supaya cepet laku ya, hehe just kidding

      Hapus
  8. keren bro ide lo ini, kalo bisa wujudin impian lo ini. good idea !
    eh gue juga setuju dgn ahmad fauzi, kalo bisa buat radar cewe jomblo wkwkkw

    BalasHapus
  9. bukannya udah ada ya aplikasi penunjuk jalan ._. restoran terdekat ...?? ane lupa namanya .. tapi ada kok .

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudmu Siri Iphone, yg bisa nunjukin terdekat2 yah, ya memang keren sih, tapi kita yang harus ke sana...saya hanya mencoba lebih spesifik aja....

      Hapus
  10. radar lapar? hahaha aku itu sering banget lapar. jangan bilang radarnya sering banget nyala dan selalu dideteksi? mahaha tapi keren sih idenya. kan radar cinta udah milik maudy ayunda, radar lapar itu milik kamu. hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya deteksinya ke perut kamu bang :-D, tinggal pencet aja tar datang pengantar makananya, haha bisa-bisa..

      Hapus
  11. ide briliantt :D
    kenapa gak diwujud'in ajaa,, kalo bisa direalisasikan jadi gak cuma menggantung di khayalan doang hhe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sambil jalan :-)) , atau moga ada yang membaca situs ini.. untuk proyek mereka, saya hanya berbagi

      Hapus
  12. Hahahaha kereennn. bisa sangat berguna tuh (untuk gue tentunya) kerennn..kereennn. coba dong dibikin aplikasinya. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. gimana caranya..hehe, tunggu tanggal mainnya aja deh ;-)

      Hapus
  13. Ide bagus tuh. Langsung aja menuju ke provider, ajak kerja sama, uraikan programnya, marketnya, biayanya, planning kerjanya gimana, dan tujuannya untuk masyarakat apa. Well, semoga ada provider yang baca dan tertarik dengan ide kamu ya:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya memang seharusnya begitu, presentasiin kepada yang mampu membuat dan membiayai juga kalau bisa hehe (^^)

      Hapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. ahh seandainya saja beneran ada, pasti aku akan sangat bahagiaaa, tp daripada radar lapar, mungkin ada bagusnya juga kalo ada radar jodoh juga :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya tu nanti produk kedua kita, #justimagine haha XD

      Hapus