""'>

Selasa, 03 September 2013

Permainan "Lipat Bayangan"

Selamat malam, saya Ricky Raharjo. Semoga kabar baik selalu menyertai anda, di mana pun anda berada, amin. Saya pun senang mempunyai kabar baik, karena hari ini saya membantu penjualan di Dealer Suzuki, dan semoga berhasil untuk diproses, amin. Ya lumayan untuk jajan dan sedekah komisinya nanti.



Oh iya, hampir saja saya tidak bisa posting hari ini. Tadi jam 4 sore sampai sekitar jam 8 malam tadi, lampu mati se-Jateng (sepertinya). Banyak bermunculan timeline di Faebook, BB maupun Twitter yang sedang mengalami lampu mati. Di sela-sela orang sedang mengeluh ada teman saya yang mengirim broadcast message di BBM berisi bahwa lampu mati disebabkan karena sedang ada syuting Ultraman melawan monster di PLN, ada-ada aja ya, tapi lumayanlah ada hiburan. Biasanya ada yang bilang "yeeee!" kalau sudah menyala, tapi hari ini tidak ada. Baru tahu nyala setelah melihat rumah-rumah lainnya sudah nyala, eh...., ternyata belum dihidupkan sumber listrik rumah saya. Memang negara earth hour ya Indonesia itu, hehe (^^).

Padahal kalau lampu mati kayak gitu tuh bisa melakukan hal-hal yang tidak menggunakan listrik. Seperti main-mainan tradisional (yang tanpa listrik) atau baca buku gitu. Ngomong-ngomong soal permainan jadul, saya jadi teringat sedikit permainan yang saya mainkan dulu.

Permainannya itu adalah "Lipat Bayangan" (saya namai sendiri soalnya lupa). Permainan ini adalah permainan favorit saya waktu sekolah SD dulu. Bahan-bahan yang diperlukan pun mudah didapatkan dengan segera, yaitu sobekan kertas yang ada di tengah halaman buku tulis dan bolpoint.

Pertama buat gambar orang-orangan kesebelasan sepak bola di masing-masing kubu (yang dibatasi garis tengah kertas), sebenarnya bisa gambar lain tapi di sini sepak bola duluan ya bro.

Kedua, buat lingkaran hitam kecil di kubu sendiri.

Ketiga, lipat kertas ke dalam sehingga menutupi gambar-gambar tadi.

Keempat, bekas hitam yang barusan dihitamin kan kelihatan tuh, nah bayangan lingkaran itu hitamin.

Kelima, berdoa supaya nanti lingkaran yang dibuat membekas di salah satu gambar orang-orangan di kubu lain. Nah kalau kena, orang-orangan itu dicoret, begitu terus sampai habis orang-orangnya, dan yang cepat menghabiskan orang-orangan dialah pemenangnya.

Saya kalau sedang seru-seruan sama teman, saya ganti lingkaran hitam itu dengan gambar yang lain. Misalnya pedang, pesawat, ikan hiu, dan sebagainya supaya nanti kenanya langsung banyak, hahaha (^o^).

Demikian salah satu permainan yang saya ingat sampai sekarang, dan bisa diterapkan di masa kini juga kok (^^). Saya Ricky Raharjo, sampai ketemu di postingan selanjutnya.

Note : Untuk lomba blogdetik saya.

Related Post

18 komentar:

  1. widih permainan jaman gue nih... anak tahun 90an pasti tau :))

    BalasHapus
  2. hahahaaa..ini mainan jaman aku sd..
    ini masnya umur berapa sih?

    BalasHapus
  3. aaa gue kyknya tau. Tp lupa jg. Orang2an yg dihitamin trus membekas bener2 akrab dipikiran gue. Tp lupa -___-

    BalasHapus
  4. wahahahaha jadi ingat masa SD. permainan kayak gitu emang seru. tapi kalau aku nyebutnya main perang ky..

    BalasHapus
  5. Ini permainan jaman aku SD. Kalo dulu aku pake kesebelasan bola. Ya gitu deh, inget bgt. Hahaha
    Jadi inget waktu itu tiap jam pelajaran kosong setiap anak pasti pada mainin. Sibuk sendiri2 gitu sambil tereak2. Esde memang menyenangkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha iya, seru emang, sampe abis ya halaman buku tulisnya XD

      Hapus
  6. aku kok ga pernah tau permainan ini ya bang? aku memang cupu, aku cedih :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan gitu dong, cup - cup, masih bisa jadi pelestari mainan ini, hehe

      Hapus
  7. hahaha... permainan kyk gini gua masih ngerasain, kalo udah kepepet ga cepet dapet pemain musuh, langsung aja bulatannya digedein, sampe kertasnya sobek


    # Azim : kaazima.blogspot.com # sory bang, pake aku yg ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. mwahahaha, nah itu, kalau saya kasih gambar apa gitu, mpe tumpeh-tumpeh gitu

      Hapus
  8. aaah gue juga pernah mainan begituan waktu gue kecil dulu ,..
    jadi keinget masa kecil dulu, permainan sederhana tapi seru :)

    BalasHapus
  9. Permainan apaann waktu SD ??? perasaan gak ada permainan gini deh . ada juga Orang-orangan yang bisa di pakein baju terus main kakak-kakakan. ada tempat tidur kertas juga.

    ini yang gmn sih permainannya ?? kasih tau dooong... gue udah nyoba bayangin tapi gak dapet permainan lipat bayangan gmn -_- huftt

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, tar diupdate kasih gambar terus promoin lagi, ini buru-buru buatnya

      Hapus